UNTAG Fasilitasi Mahasiswa Kembangkan Kewirausahaan

Dalam rangka menghadapi revolusi 4.0 maka dibutuhkan wirausahawan yang tangguh, yaitu yang inovatif, kreatif dan bisa menjaga integritas.

Untuk mengarah kesana maka Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FBB) Untag Semarang telah menfasilitasi kepada para mahasiswanya yang sedang menempuh mata kuliah kewirausahaan 1 dan 2 agar menjadi wirausahawan yang berkompeten, yaitu dengan melakukan praktek baik dalam bentuk seminar maupun ekspo kewirausahaan, seperti yang digelar saat ini di kampusnya.

Hal itu disampaikan Dekan FBB Untag Dra. Nurchayati, MM, Akt pada acara seminar dan Ekspo kewirausahaan yang digelar di kampus Untag, Bendan Duwur Semarang, kemarin.

Seminar yang bertajuk “Tantangan Perguruan Tinggi Dalam Pengembangan Kewirausahaan Pada Revolusi Industri 4.0”, yang diadakan di aula FEB, telah menghadirkan narasumber dari pihak pemerintah Dr. Prasetyo Ariwibowo, SH, MSos dan dari alumni yang sukses Dr. Masrukan Kholil, SE, MM, dengan dimoderatori oleh dosen senior FEB Untag Dr. Adi Eko Priyono, SE, MSi.

Sementara di plaza kampus Untag telah diadakan ekspo dari berbagai produk kreatif yang dijajakan atau dipamerkan oleh para mahasiswa.

Nurcahyati menyampaikan bahwa selain itu mahasiswa juga akan dibimbing agar mendapatkan hibah, seperti yang dilakukan oleh kakak kelasnya yang telah memenangkan hibah, yaitu pada tahun 2017 ekspo bisnis di Pontianak, 2018 di Bogor, dan sekarang ini 2019 mahasiswa FEB Untag sedang berlaga di Batam, mudah mudahan akan menjadi juara lagi.

Rektor Untag Prof. Dr. Drs. Suparno, MSi, saat membuka acara seminar dan ekspo kewirausahaan mengatakan, memang tidak bisa dipungkiri hadirnya revolusi industri 4.0 ini, maka ada pepatah “setiap manusia hidup dan lahir pada jamannya” maka mau tidak mau, suka tidak suka kita harus mengikuti, karena kalau tidak kita akan tergerus oleh jaman.

Untuk itu kegiatan ini harus didukung dan setuju untuk dilakukan setiap tahun, karena kegiatan ini dapat digunakan sebagai wahana untuk mendidik dan membentuk karakter mahasiswa agar menjadi interpreuneur atau wirausahawan yang handal.

Rektor juga meminta agar kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan dengan melakukan berbagai inovasi, mengingat minat mahasiswa semakin besar, hal ini dapat dilihat dari minat para peserta yang hadir, dibandingkan tahun sebelumnya.

Disamping itu dia juga meminta agar mahasiswa diberikan bimbingan yang intensive, karena dengan semakin banyak mahasiswa yang mengikuti lomba akan membangkitkan semangat kreativitas mereka.

Dalam pesannya Rektor menyampaikan bahwa dengan berkembangnya IT sekarang ini, supaya berhati hati menggunakannya, karena ini bisa membawa nikmat tetapi juga bisa membawa laknat, maka dalam menggunakannya harus dengan komunikasi yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Menu