BEM Teknik UNTAG Semarang Raih Juara 1 di Ajang Abdidaya Ormawa 2023

Satu perwakilan PPK-Ormawa dari UNTAG Semarang, BEM Fakultas Teknik dinobatkan sebagai juara pertama pada kompetisi Abdidaya Ormawa 2023, belum lama ini.

Kompetisi tersebut memunculkan nama BEM Fakultas Teknik UNTAG Semarang diurutan teratas pada kategori tim terinovatif dalam teknologi dan sosial. Tim besutan Wakil Dekan III Fakultas Teknik, Agustinus Sungsang Nana Patria, ST, MT tersebut ungguli tim besar dari UGM, Universitas Pakuan dan Udinus yang masing-masing diurutan kedua hingga keempat.

Abdidaya Ormawa merupakan agenda lanjutan dari PPK-Ormawa oleh Kemendikbudristek yang tahun 2023 ini diselenggarakan di Universitas Jember. Tercatat ada 160 tim dari 79 perguruan tinggi yang tergabung, termasuk UNTAG Semarang yang diwakili BEM Fakultas Teknik.

BEM Teknik UNTAG Semarang yang beranggotakan 12 mahasiswa tersebut selama melakukan pengabdian PPK-Ormawa telah mengusung judul “Desa Pekerja Bangunan: Pemberdayaan Masyarakat Menuju Desa Penghasil Pekerja Bangunan Profesional dan Bersertifikat dengan Pemasaran Jasa Online di Kelurahan Gunungpati.”

Inovasi tersebut rupanya dianggap yang terbaik oleh dewan juri dinilai dari segi kreativitas dan inovasinya dalam bidang teknologi dan sosial.

Ketua Tim sekaligus Ketua BEM Fakultas Teknik UNTAG Semarang Dwi Sulistiyawati mahasiswi program studi Teknik Sipil, mengatakan bahwa untuk sampai di titik ini prosesnya sangat tidak mudah. Dari 2110 proposal yang masuk di tingkat nasional, hanya 608 proposal yang didanai, kemudian melaksanakan program kurang lebih 5 bulan dari Juni – November. Kemudian tim ini salah satu yang divisitasi oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi. Akhirnya tim ini masuk ke dalam 160 besar, kemudian diundang ke Abdidaya dan diberi anugerah juara 1 dalam kategori terinovatif dalam teknologi dan sosial. Perjuangan ini tidak luput dari kerjakeras tim dan dosen pendamping. Ucapan terimakasih disampaikan bagi semua pihak yang telah mendukung berjalannya program ini, baik dari Universitas, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil, Teknik Kimia dan Arsitektur UNTAG Semarang, masyarakat dan kelurahan Gunungpati, dinas, asosiasi, perusahaan konstruksi, vendor, donatur dan media publikasi yang selalu berada di samping tim ini.

Kabar prestasi tersebut langsung disambut hangat oleh Wakil Rektor UNTAG Semarang bidang kemahasiswaan, Drs. Harsoyo, MSi yang menyatakan bahwa hasil ini merupakan tambahan kekuatan prestasi akademik mahasiswa UNTAG Semarang di kancah nasional. Pihak kampus juga akan memberikan penghargaan berupa beasiswa prestasi kepada keduabelas mahasiswa yang telah mengharumkan nama UNTAG Semarang, imbuhnya.

Menu