Webinar “HYDROULIC ANALYSIS WITH GeoHEC-RAS AND GeoHEC-HMS SOFTWARE”

 

        Pada tanggal 21-22 Desember 2021, Program Studi Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Semarang dengan GeoCivil USA mengadakan Webinar dengan judul “HYDROULIC ANALYSIS WITH GeoHEC-RAS AND GeoHEC-HMS SOFTWARE”. Kegiatan ini dilaksanakan secara online dengan memakai aplikasi meeting GoToMeeting. Kegiatan ini pengenalan aplikasi GeoHEC RAS dan Geo HEC HMS oleh GeoCivil USA diikuti 171 peserta baik dari dosen fakultas teknik, mahasiswa, alumni dan umum.

       Software GEOHECRAS mempermudah civil engineer untuk memodelkan aliran alami sungai maupun jalur yang bisa terkena dampak air baik itu yang stabil ataupun yang tidak stabil/konsisten. Pemodelan ini bisa menghasilkan data yang bisa digunakan untuk memprediski dan mencegah kejadian seperti banjir pada bantaran sungai, ataupun gorong-gorong dibawah jalan, ataupun pengalihan aliran sungai kepada danau buatan intinya software GEOHECRAS ini akan mempermudah semua pekerjaan manual yang anda sering lakukan pada HecRas versi gratis dari US Army Corps of engineer.

       GeoHECHMS adalah perangkat lunak yang sangat khusus dan praktis untuk pemodelan dan desain limpasan permukaan dan evaluasi jaringan pengumpulan dan pembuangan banjir. Perangkat lunak ini menggunakan hampir semua perhitungan dan bagian yang memakan waktu dalam mengembangkan model pengelolaan DAS, seperti menggambar cekungan dan sub-cekungan, menghitung jumlah kurva menurut variabel penggunaan lahan dan peta tanah, latensi (waktu antara hujan lebat dan banjir.

 

 

Menu