Mahasiswa Teknik Sipil Untag Semarang Dan Unnes Mengikuti Pelatihan Dan Uji Kompetensi Ska Teknik Jalan Dan Bangunan Gedung

Sebanyak 118 mahasiswa dan alumni TeknikSipil Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah mengikuti pelatihan dan uji kompetensi Sertifikat Keahlian Ahli (SKA) Teknik Jalan dan Bangunan Gedung selama lima hari, dari tanggal 13 – 18 Juni 2019.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama yang ditandai dengan Memorandum of Agrement (MoA) antara Fakultas Teknik Untag Semarang, Fakultas Teknik Unnes, DPD Asosiasi Tenaga Teknik Ahli dan Terampil Indonesia (Asttatindo) Provinsi Jawa Tengah dan Balai Jasa Konstruksi Provinsi Jawa Tengah. Acara pembukaan dan penandatanganan MoA dilaksanakan di Unnes, sedangkan pelaksanaan pelatihan dan uji kompetensi SKA jalan dilakukan di kampus Untag, pelatihan dan uji kompetensi bangunan gedung di kampus Unnes serta penutupan dilaksanakan di Untag.

Penandatanganan MoA dihadiri oleh Asisten 2 Gubernur ProvinsiJawa Tengah, Ibu Peny Rahayu, Wakil Rektor 4 Unnes Prof. Dr. Agus Nuryatin, MHum, Dekan Fakultas Teknik Unnes Dr. Nur Qudus, MT., Dekan Fakultas Teknik Untag Dr. Ir. Retno Ambarwati, SL. Direktur Asttatindo, Richard Hutagaol, SE, MM dan dari Kepala Dinas Balai Jasa Konstruksi Sugito, ST, MT. serta Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

Dalam penutupan yang berlangsung di Gedung Graha Kebangsaan Untag Semarang, Ibu Nur Fatimah, SE mewakili LPJK menyampaikan bahwa berdasar hasil uji kompetensi pada peserta pelatihan yang dilaksanakan sejak pagi hingga sore hari, semua peserta yang berjumlah 118 orang memiliki kompetensi semua, sehingga berhak mendapatkan sertifikat.

Dekan Fakultas Teknik Untag Dr. Ir. Retno mengatakan bahwa SKA ini sangat diperlukan bagi mahasiswa, alumni dan para dosen fakultas Teknik Untag. Tentunya target pembangunan ini membutuhkan jumlah tenaga kerja konstruksi yang besar, sehingga penyiapan tenaga kerja konstruksi yang terlatih, terampil, profesional dan bersertifikat menjadi fokus penting dalam program pembangunan. Beliau menghimbau agar sertifikat kompetensi ini dapat diaplikasikan dalam dunia konstruksi.

Sementara Kaprodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Untag Semarang, Ir. Agus Bambang Siswanto, MT menyampaikan bahwa SKA pendamping ijazah mahasiswa tingkat akhir ini sesuai dengan aturan dari Kemenristekdikti, kegiatan semacam ini sudah dimulai di Untag Semarang secara berkesinambungan pada berbagai macam bidang keteknikan yang dipelajari.

Selama pelaksanaan pelatihan 4 hari ini instruktur pelatihan diantaranya dosen Teknik Sipil UNTAG Semarang, dosen Polines dan Bina Marga. Untuk pengujian SKA ini, LPJK Provinsi Jawa Tengah menurunkan 9 asesornya untuk menguji semua peserta termasuk salah satunya Prof. Dr.Ir. Mudjiastuti Handajani, MT, dosen USM (Budi).

Menu