KKN Tematik Ubah Perilaku Masyarakat

“Melalui pendekatan tematik maka sasaran dan program kerja pengabdian masyarakat menjadi terarah. Selebihnya, juga bisa diukur keberhasilannya dengan perubahan sikap atau perilaku masyarakat,” tutur dia kemarin.

KKN tematik itu misalnya, mulai dari kegiatan membantu pemberantasan buta huruf, penanganan kesehatan, pemberdayaan keluarga, dan masih banyak lagi. Perubahan sikap yang cenderung positif adalah tujuan pelaksanaan KKN tematik. Mengubah kesadaran warga untuk elakukan aktivitas bernilai lebih, diinginkan dalam kegiatan ini. Hrapannya akan bisa terbentuk masyarakat yang madani dalam segala hal.

“KKN adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa lintas disiplin ilmu, institusi, dan kemitraan. Pelaksanaannya merupakan wujud Tri Dharma perguruan Tinggi,” jelas Suparno.

Kegiatan Akademi

Tahun ini juga Untag menerjunkan ribuan mahasiswa untuk melaksanakan KKN di berbagai tempat. Tak ketinggalan, basis pengabdian masyarakat dilaksanakan di kawasan Kota Semarang. Program ni bagi internal kampus bermanfaat luas untuk melatih mahasiswa dalam upaya memecahkan masalah di tengah rakyat.

Lebih dari itu, mereka juga bakal terbiasa sehubungan dengan kegiatan perencanaan, pengelolaan dan evaluasi program kerja. “Yang ta kalah penting, civitas academica bisa menyaksikan realitas yang muncul. Kemudian melaksanakan kegiatan akademi mulai dari memetakan persoalan, menelisik penyebab, hingga respon dalam memberikan pemecahan masalah,” kata Suparno.

Menu